KUPAS TUNTAS OUTBOUND TRAINING METODOLOGI

Outbound Training Metodologi

Sebelum membahas metodologi outbound training, penting untuk memahami konsep dasar dari kegiatan ini. Outbound training merupakan metode pelatihan yang dilakukan di luar ruangan dengan tujuan meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim. Kegiatan ini biasanya dilakukan melalui permainan atau aktivitas yang menantang. Dalam outbound training, peserta ditempatkan dalam situasi yang mengharuskan mereka bekerja sama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama. Metodologi outbound training adalah cara atau metode yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang metodologi outbound training dan manfaatnya buat peserta.

Outbound training untuk perusahaan, juga dikenal sebagai corporate outbound training, merupakan pendekatan inovatif dalam membangun tim dan pengembangan pribadi melalui pembelajaran berbasis pengalaman. Dengan terlibat dalam aktivitas berbasis pengalaman aktual, individu dan tim dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang diri mereka sendiri, motivasi, dan cara berinteraksi dalam lingkungan tim. Pelatihan outbound memberikan kesempatan bagi peserta untuk menghadapi tantangan di luar lingkungan kerja yang biasa mereka alami, sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan adaptasi dan kreativitas dalam menyelesaikan masalah. Artinya, kegiatan ini memberikan manfaat yang sangat penting bagi perkembangan dan peningkatan kemampuan individu maupun tim secara keseluruhan.

outbound training , team building,kaliwatu outbound , corporate training, Outbound Training, Pengembangan Tim Outdoor, Kegiatan Team Building, Outbound Training Perusahaan, Manfaat Outbound Training, Program Pengembangan Tim, Aktivitas Outdoor untuk Tim, Instruktur Outbound Training, Games Team Building, Outbound Training di Alam Terbuka, Pembentukan Karakter Tim, Team Building Efektif, Outbound Training Jakarta, Metode Pengembangan Tim, Pelatihan Kolaborasi Tim,
outbound training metodologi

Kegiatan pelatihan outbound umumnya difokuskan pada peningkatan kepemimpinan, keterampilan komunikasi, kinerja, perencanaan, manajemen perubahan, pendelegasian, kerja tim, dan motivasi.

Selama pelatihan outbound, para peserta terlibat dalam kegiatan yang imersif dan real-time. Pengalaman belajar ini menciptakan kesempatan untuk menghasilkan pemahaman dan wawasan yang bervariasi bagi para peserta sesuai dengan kebutuhan . Kegiatan pelatihan dilakukan di luar ruangan untuk memberikan pengalaman yang berbeda dan membantu meningkatkan keterampilan adaptasi dan kreativitas dalam menyelesaikan masalah. Dengan demikian, kegiatan pelatihan outbound dapat membantu meningkatkan kualitas dan kinerja individu maupun tim secara keseluruhan dalam lingkungan kerja mereka.

Apa itu Outbond Training?

ini adalah metodologi pelatihan dan fasilitasi yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan kinerja karyawan melalui penggunaan Experiential Learning Activities dan Adult Learning Principles.

Pendekatan ini didasarkan pada metode pengembangan kelompok oleh Outward Bound melalui ekspedisi pembelajaran di luar ruangan dan hutan belantara yang berfokus pada mengatasi skenario yang menantang di luar ruangan. Kegiatan tersebut melibatkan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, komunikasi, dan pengambilan risiko, di mana peserta mengembangkan kemampuan untuk beradaptasi, tumbuh dan berkembang, serta bekerja secara efektif sebagai tim.

Konsep Experiential Learning Activities and Games mengacu pada pembelajaran berbasis pengalaman di mana para peserta terlibat langsung dalam aktivitas belajar. Kegiatan tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga peserta dapat mengalami pengalaman belajar yang menggugah dan bermanfaat bagi pengembangan pribadi dan tim mereka. Sementara itu, Adult Learning Principles merupakan prinsip-prinsip pembelajaran yang didasarkan pada pemahaman tentang bagaimana orang dewasa belajar secara efektif, seperti kebutuhan untuk memahami relevansi materi yang dipelajari dan mempraktikkan keterampilan baru dalam situasi nyata.

Dalam pelatihan outbound, para peserta dihadapkan pada tantangan yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan dalam lingkungan kerja mereka. Dengan menghadapi skenario yang menantang di luar ruangan, peserta dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, komunikasi, pengambilan keputusan, dan manajemen risiko, serta mengembangkan rasa percaya diri dan kemampuan beradaptasi dalam situasi yang berbeda-beda. Hal ini membantu meningkatkan efektivitas dan kinerja individu maupun tim secara keseluruhan di tempat kerja.

Dalam program Outbound Training, para peserta dibagi menjadi tim dan diberi tugas atau kegiatan untuk diselesaikan dalam waktu yang ditentukan. Fasilitator memberikan tujuan yang harus dicapai oleh kelompok, namun tidak memberikan petunjuk secara langsung tentang bagaimana menyelesaikan kegiatan tersebut dengan sukses. Para peserta mengikuti permainan dan pelatihan outbound yang menantang, di mana mereka harus bekerja secara individu maupun bersama-sama sebagai tim untuk menemukan solusi yang tepat. Dalam prosesnya, mereka harus berkomunikasi, berkolaborasi, dan belajar satu sama lain agar dapat berhasil.

Melalui pengalaman langsung dalam permainan dan kegiatan pelatihan outbound, para peserta dapat belajar dengan cara yang efektif dan menyenangkan. Setelah selesai, mereka melakukan refleksi, diskusi, analisis, dan evaluasi atas pengalaman yang mereka alami. Selanjutnya, para peserta membawa kembali konsep dan ide baru yang terbentuk ke dalam lingkungan kerja mereka untuk diterapkan dalam keseharian.

Melampaui pelatihan biasa, High Impact Outbound Training secara unik memadukan petualangan, pengembangan kelompok, dan simulasi situasi kerja. Lewat tantangan perencanaan, strategi, dan kerja sama tim, program ini memungkinkan perubahan pribadi dan penemuan tim yang berwawasan. Selain itu, Outbound Training juga melibatkan peserta secara fisik, emosional, intelektual, dan sosial. Dengan demikian, program ini efektif membangun kerja sama tim, komunikasi, kepemimpinan, serta problem solving, motivasi, dan rasa saling percaya – solusi tepat untuk tim tangguh dan berwawasan!

team kaliwatu ,outbound training ,team building,Outbound Training, Pengembangan Tim Outdoor, Kegiatan Team Building, Outbound Training Perusahaan, Manfaat Outbound Training, Program Pengembangan Tim, Aktivitas Outdoor untuk Tim, Instruktur Outbound Training, Games Team Building, Outbound Training di Alam Terbuka, Pembentukan Karakter Tim, Team Building Efektif, Outbound Training Jakarta, Metode Pengembangan Tim, Pelatihan Kolaborasi Tim,
team outbound training kaliwatu group indonesia

Kaliwatu Group Indonesia, pakar outbound training terpercaya dengan pengalaman lebih dari satu dekade, membantu organisasi Anda membangun tim tangguh melalui program inovatif yang dipersonalisasi. Tingkatkan kepemimpinan, komunikasi, kinerja, kerja tim, dan motivasi untuk menciptakan tim yang erat, efektif, dan berkinerja tinggi. Hubungi kami sekarang!

Bagaimana Pelatihan Outbound Dilakukan?

Pelatihan Outbound – High Impact Outbound Training adalah sebuah program yang didesain khusus oleh team kaliwatu group Indonesia dengan  metodologi pelatihan yang didasarkan pada pembelajaran berdasarkan pengalaman dan prinsip pembelajaran orang dewasa yang dilakukan terutama di lingkungan luar ruangan yang sudah terkondisikan dan kondusif untuk pelatihan,seperti hutan dengan medan alami, pepohonan, bebatuan, dan perbukitan, dan didampingi oleh fasilitator outbound bersertifikat.

Pelatihan Outbound – High Impact Outbound Training melibatkan lingkungan informal, dikelilingi oleh alam dan ketenangan,yang akan mebuat setiap orang menjadi lebih alami dan reflektif, membuka jalan bagi proses pembelajaran yang lengkap dan efektif.

Pencapaian, performa dan perilaku selama outbound training games ditinjau melalui proses diskusi yang disebut debriefing, untuk mengidentifikasi perilaku yang meningkatkan performa atau mengarah pada kegagalan atau penurunan performa.

​Strategi dirumuskan untuk menangani faktor-faktor yang menghalangi, dan strategi ini kemudian digunakan dalam kegiatan berikutnya, untuk menguji keefektifannya dan pada akhirnya membantu peserta belajar mengubah perilaku atau proses di tempat kerja.

Mengapa Pelatihan Outbound diperlukan?

Fokus utama dengan pendekatan Pelatihan Outbound – High Impact Outbound Training adalah untuk memberikan pembelajaran pada kebutuhan individu, tim dan organisasi seperti Kepemimpinan, Pemikiran Strategis, Manajemen Konflik, Membangun Tim, Komunikasi Efektif, Peningkatan Kualitas, Mentoring dan Pengembangan Keterampilan.

Pelatihan Outbound – High Impact Outbound Training adalah intervensi perilaku berbasis bukti yang efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan dan tim selama lebih dari 4 dekade dan didasarkan pada prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa di bidang pengalaman.

Apa saja Kegiatan Pelatihan Outbound?

Melampaui pelatihan biasa, High Impact Outbound Training memadukan petualangan, pengembangan kelompok, dan simulasi situasi kerja. Lewat tantangan perencanaan, strategi, dan kerja sama tim, program ini memicu perubahan pribadi dan penemuan tim yang berwawasan. Melibatkan peserta secara fisik, emosional, intelektual, dan sosial, Outbound Training efektif membangun kerja sama tim, komunikasi, kepemimpinan, serta problem solving, motivasi, dan rasa saling percaya – solusi tepat untuk tim tangguh dan berwawasan!

Kegiatan pelatihan outbound seperti Pelatihan Team Building sebagian besar dilakukan di lokasi luar ruangan yang jauh dari lingkungan yang sudah dikenal seperti taman, pusat retret, resor, atau hutan belantara.

Outdoor Training Activities atau Aktivitas Luar Ruangan dan Petualangan memang mencakup beragam kegiatan yang melibatkan lingkungan alam bebas. Beberapa di antaranya adalah rappelling atau turun tebing dengan tali, panjat tebing, jalur tali rendah dan tinggi, penyeberangan sungai, arung jeram, hiking atau pendakian gunung, camping atau berkemah, dan aktivitas petualangan seru lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut dirancang untuk menantang peserta, mengembangkan keterampilan fisik dan mental, serta membangun kepercayaan diri dan kerjasama antarindividu.

team building,Outbound Training, Pengembangan Tim Outdoor, Kegiatan Team Building, Outbound Training Perusahaan, Manfaat Outbound Training, Program Pengembangan Tim, Aktivitas Outdoor untuk Tim, Instruktur Outbound Training, Games Team Building, Outbound Training di Alam Terbuka, Pembentukan Karakter Tim, Team Building Efektif, Outbound Training Jakarta, Metode Pengembangan Tim, Pelatihan Kolaborasi Tim,spider web ,games outbound ,outbound games,
outbound training metodologi , simulasi games outbound spider web

Spider web adalah salah satu kegiatan pelatihan outbound yang sangat populer dan efektif dalam membantu tim mengembangkan keterampilan kepemimpinan, koordinasi, kolaborasi, dan kepercayaan. Kegiatan ini biasanya dilakukan di lingkungan luar ruangan dan melibatkan perangkat yang disusun seperti jaring laba-laba. Para peserta harus berusaha melewati jaring tersebut tanpa menyentuhnya, sehingga membutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik antara anggota tim. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu dalam membangun kepercayaan diri dan mengatasi rasa takut pada ketinggian atau tantangan fisik lainnya. Kegiatan Spider web termasuk dalam program Leadership Outbound Training yang diselenggarakan oleh Kaliwatu Group Indonesia.

outbound malang ,Outbound Training, Pengembangan Tim Outdoor, Kegiatan Team Building, Outbound Training Perusahaan, Manfaat Outbound Training, Program Pengembangan Tim, Aktivitas Outdoor untuk Tim, Instruktur Outbound Training, Games Team Building, Outbound Training di Alam Terbuka, Pembentukan Karakter Tim, Team Building Efektif, Outbound Training Jakarta, Metode Pengembangan Tim, Pelatihan Kolaborasi Tim, outbound games , game outbound
outbound training metodologi

Aktivitas “Electric Fence” adalah salah satu kegiatan dalam pelatihan outbound yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepemimpinan dalam kelompok. Dalam aktivitas ini, peserta akan mengatur posisi . Kemudian, mereka bekerjasama untuk memindah sebuah lingkaran melewati jalur yang diikatkan pada dua pohon di dekatnya.

Tugas peserta adalah untuk melewati “electric fence” tanpa menyentuhnya. Hal ini dapat dicapai dengan berkolaborasi dengan anggota tim dan mengembangkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan tugas. Melalui kegiatan ini, peserta akan belajar tentang pentingnya koordinasi dan kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama serta memperkuat kepercayaan dan kepemimpinan dalam kelompok.

Raft Building adalah kegiatan pelatihan outbound di mana peserta akan bekerja sama untuk mngarungi sungai secara berkelompok menggunakan perahu karet. Kegiatan ini membantu peserta untuk mengembangkan keterampilan seperti perencanaan, strategi, kolaborasi, dan eksekusi dalam sebuah tim. Selain itu, kegiatan Raft Building juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kepercayaan dalam kelompok, serta membangun kerja tim yang lebih efektif dan efisien.

arung jeram , arung jeram batu malang ,kaliwatu rafting,rafting kaliwatu, batu malang
kaliwatu rafting batu malang

Metodologi Pelatihan Outbound

Metode fasilitasi outbound Experiential Learning Program menggunakan structured experiential learning cycle yang meliputi berbagai tahapan seperti :

  1. Mengalami/melakukan
  2. Meninjau dan merefleksikan pengalaman
  3. Pembelajaran menggambar dari refleksi
  4. Menerapkan dan menguji pembelajaran melalui eksperimentasi aktif
  5. Meninjau dan merefleksi percobaan aktif

KOLB CYCLE ,experiential learning

Belajar adalah proses dimana pengetahuan diciptakan melalui transformasi pengalaman – David Kolb

Manfaat Pelatihan Outbound

Beberapa manfaat konkrit yang bisa didapatkan dari pelatihan outbound antara lain:

  1. Meningkatkan kerja sama tim: Melalui kegiatan-kegiatan outdoor, peserta akan belajar untuk bekerja sama, berkomunikasi dengan lebih efektif dan memahami peran masing-masing dalam tim.
  2. Meningkatkan kepercayaan diri: Peserta akan mendapatkan tantangan di luar zona nyaman mereka, yang membantu meningkatkan kepercayaan diri dan memberikan rasa pencapaian setelah berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan.
  3. Mengembangkan keterampilan kepemimpinan: Kegiatan-kegiatan di luar ruangan yang didesain dengan tujuan pengembangan kepemimpinan dapat membantu peserta mempraktikkan keterampilan kepemimpinan mereka dan membangun rasa percaya diri dalam peran kepemimpinan.
  4. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah: Melalui kegiatan-kegiatan yang menantang, peserta akan belajar untuk berpikir kreatif dan menemukan solusi atas masalah yang dihadapi.
  5. Menambah efektivitas pribadi: Peserta akan belajar untuk mengenali kekuatan dan kelemahan diri mereka, serta memperbaiki keterampilan-keterampilan yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan efektivitas pribadi mereka.
  6. Meningkatkan motivasi dan semangat: Pengalaman-pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan di luar ruangan dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi peserta dalam menyelesaikan tugas-tugas di tempat kerja.

outbound training,team building,kaliwatu outbound,

Selain itu Setelah menghabiskan waktu di luar ruangan, anggota tim cenderung terikat bersama dengan cara yang tidak mungkin dilakukan di lingkungan kantor yang konkret.

​Program outbound menunjukkan bahwa orang dapat menjadi lebih kohesif, menghilangkan hambatan, membuka diri, dan menjadi lebih mudah menerima pembelajaran.

Ini juga membuktikan bahwa terlepas dari perbedaan budaya dan latar belakang etnis, orang dapat hidup dan bekerja sama dan sifat dasar manusia adalah membantu.

​Dalam lingkungan seperti ini, pelatih atau fasilitator eksekutif yang sensitif dan berpengalaman dapat mengidentifikasi kelemahan, kekuatan, dan menyarankan perilaku baru untuk menyelesaikan masalah.

Hasil Pelatihan Outbound

Tim yang belajar bersama menggunakan proses pelatihan outbound akan mendapatkan manfaat seperti :

  • Produktivitas team akan Tiga kali lebih efektif daripada tim reguler.
  • kemampuan mengembangkan Keberanian dan pengambilan risiko yang diperhitungkan sebagai sebuah tim.
  • Lebih responsif dan adaptif dalam menghadapi tantangan pekerjaan yang sangat kompleks
  • peningkatan kinerja tim hingga 30%
  • peningkatan pembelajaran dan kinerja individu, tim dan organisasi
  • bisa Memanfaatkan konflik, bekerja sama, dan lebih inklusif satu sama lain.
  • bisa mengembangkan Kepercayaan, Milik, dan Nilai keragaman yang mendalam dan saling ketergantungan di antara anggota tim
  • dan mampu Berbagi tujuan tim bersama yang memungkinkan mereka memberikan hasil proyek yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih berkelanjutan

Topik Pelatihan Outbound

Berikut adalah beberapa topik pelatihan outbound yang dapat kami berikan terkait dengan keterampilan perilaku terkait pekerjaan, kepemimpinan, dan kompetensi manajerial:

  1. Skill kepemimpinan
  2. Perubahan Manajemen
  3. Memberikan Umpan Balik
  4. Keterampilan Delegasi
  5. Keterampilan Motivasi
  6. Kreativitas & Inovasi
  7. Penyelesaian masalah
  8. Bekerja dalam Tim
  9. Kepemimpinan Tim
  10. Kemampuan berkomunikasi
  11. Kecerdasan emosional
  12. Manajemen Waktu
  13. Membangun Keyakinan
  14. Pengambilan Keputusan
  15. Dampak Pribadi
  16. Keterampilan Ketegasan
  17. Penetapan tujuan
  18. Manajemen stres
  19. Efektivitas Profesional
  20. Mengatasi Keyakinan yang Membatasi
  21. Manajemen konflik
  22. Kemampuan interpesonal
  23. Keterampilan Mendengarkan
  24. Keterampilan Persuasi
  25. Membangun Tim
  26. Membangun Kepercayaan
  27. Pemikiran strategis
  28. Kolaborasi
  29. Keterampilan Negosiasi
  30. Performa Tinggi
  31. Pengembangan Diri

Semua topik pelatihan outbound ini dapat membantu dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan individu, tim, dan organisasi, serta membantu mencapai tujuan yang telah ditetapkan

Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa dalam Outbound Training

Orang dewasa belajar lebih banyak melalui pengalaman belajar dan mencoba konsep di dunia nyata. Di sinilah pelatihan outbound menggabungkan prinsip-prinsip pengalaman dan pembelajaran orang dewasa ke dalam desain dan penyampaian program.

Prinsip-prinsip Pembelajaran Orang Dewasa dalam Outbound Training Meliputi premis berikut:

Orang dewasa mengarahkan diri sendiri dan belajar lebih baik ketika mereka bebas mengarahkan pembelajaran mereka sendiri untuk mengembangkan keterampilan baru.

Orang dewasa memotivasi diri sendiri dalam pendekatan mereka untuk belajar. Itu memotivasi mereka untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dapat membantu mereka segera dan bagaimana mereka dapat menerapkannya di dunia nyata.

Orang dewasa lebih suka belajar dengan melakukan melalui partisipasi dan evaluasi praktis. Mereka ingin mengalami untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil alih-alih diberi tahu bagaimana melakukan sesuatu.

Orang dewasa fokus pada pemecahan masalah untuk menemukan solusi. Mereka mencari cara praktis dan bermakna yang mencakup analisis dan refleksi untuk mendukung pembelajaran yang lebih dalam.

Orang dewasa mengandalkan pengalaman dan pengetahuan mereka yang dapat mereka gunakan untuk membuktikan kompetensi mereka setiap saat. Jika pengetahuan dan pengalaman sebelumnya tidak bekerja untuk mereka, itu menjadi sebuah wawasan untuk mengubah proses berpikir mereka melalui bukti yang lebih baru.

Orang dewasa lebih suka bertanggung jawab untuk memilih cara dan proses yang menguntungkan mereka untuk mencapai tujuan tertentu.

Orang dewasa menghargai hubungan dan lebih menyukai lingkungan kerja, di mana mereka dapat merasa menjadi bagiannya . Mereka suka berpartisipasi dalam lingkungan yang kolaboratif dan berfokus pada hubungan.

Orang dewasa lebih menyukai lingkungan yang aman di mana mereka dapat merasa aman untuk bereksperimen dan belajar dari kesalahan tanpa dihakimi.

mereka lebih menyukai pembelajaran peer to peer di mana mereka dapat dihormati secara setara dan bertukar informasi yang membantu mereka meningkatkan dan mencapai tujuan mereka.

Orang dewasa mencari makna pribadi dengan memilih opsi yang mendukung pemenuhan kebutuhan dan tujuan masing-masing. Mereka mencari keterlibatan yang relevan dan bermakna bagi mereka.

Lokasi Pelatihan Outbound di Indonesia

Kami menyediakan lokasi Pelatihan Outbound di Indonesia yang dirancang khusus untuk program pembelajaran berbasis pengalaman dengan unsur petualangan, pembangunan tim, dan pembelajaran berbasis tantangan.

Home base kami berada di kota Batu, Malang, namun kami juga melayani kegiatan di kota-kota lain di Indonesia. Fasilitas perkemahan kami terletak di lokasi yang strategis dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung, seperti tenda, area api unggun, area berkemah, dan lapangan untuk kegiatan outdoor. Kami juga memiliki instruktur dan pelatih berpengalaman yang siap membantu Anda dan tim Anda mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

lokasi outbound ,team building , outbound training

FAQ tentang Pelatihan Outbound

Apa itu outbond training?

pelatihan outbound merupakan bentuk pembelajaran pengalaman atau experiential learning yang memungkinkan peserta untuk belajar dari pengalaman langsung melalui kegiatan yang menantang, baik fisik maupun mental. Peserta akan ditempatkan dalam situasi di luar zona nyaman mereka, yang memaksa mereka untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan cepat, sehingga membantu meningkatkan keterampilan kepemimpinan, kerja tim, dan kemampuan mengatasi tantangan.

Apa yang dimaksud dengan outbond training?

Outbound Training adalah intervensi pelatihan perilaku berbasis aksi dan aktivitas berdasarkan metodologi pembelajaran pengalaman untuk pengembangan karyawan. Ini adalah metodologi “belajar dengan melakukan” dan “pengalaman langsung” dan mencakup kegiatan di luar ruangan, petualangan, dan kelompok yang melibatkan peserta untuk menghasilkan hasil pembelajaran yang diinginkan.

Apa saja kegiatan outbond training?

Kegiatan Pelatihan Outbound mengacu pada berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memotivasi anggota tim dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Kegiatan Pelatihan Outbound biasanya mencakup campuran petualangan, latihan dan simulasi pengembangan kelompok dan outdoor yang dirancang untuk menantang tim untuk merencanakan, menyusun strategi dan bekerja sama dan mensimulasikan keadaan dan perilaku yang biasanya ditemukan di tempat kerja.

Jenis kegiatan apa yang biasanya terlibat dalam pelatihan outbound?

Kegiatan pelatihan outbound dapat mencakup berbagai kegiatan di luar ruangan seperti permainan simulasi ,bisnis games, panjat tebing, hiking, berkemah, arung jeram, dan rintangan. Latihan membangun tim seperti jatuhnya kepercayaan, tantangan pemecahan masalah, dan permainan komunikasi juga biasanya disertakan.

Apa tujuan dari pelatihan outbond?

Pelatihan outbound adalah metodologi pelatihan dan fasilitasi yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan kinerja tim karyawan melalui Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman, Permainan, dan Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa.

Apa contoh outbond training?

Pelatihan outbound terdiri dari serangkaian latihan kelompok di luar ruangan, simulasi dan permainan tim, Beberapa contoh kegiatan dalam pelatihan outbound atau outbond training meliputi hiking, panjat tebing, rafting, permainan tim, latihan mendirikan tenda, memasak di alam terbuka, dan sejenisnya. Kegiatan tersebut dirancang untuk melatih keterampilan kerja sama tim, kepemimpinan, kreativitas, problem solving, dan pengambilan keputusan secara efektif. Selain itu, beberapa pelatihan outbound juga melibatkan kegiatan yang berfokus pada pengembangan keterampilan interpersonal dan keterampilan manajerial seperti memberikan umpan balik, delegasi tugas, dan negosiasi.

Apa itu program pelatihan outbound?

Program outbound terdiri dari serangkaian kegiatan terencana yang membantu karyawan perusahaan meningkatkan kepemimpinan, keterampilan komunikasi, perencanaan, pendelegasian, manajemen perubahan, dan pemecahan masalah serta menginspirasi mereka untuk bekerja sebagai tim yang lebih baik.

Bagaimana cara melakukan outbond training?

Dalam program Outbound Training, para peserta dibagi menjadi beberapa tim dan diberi tugas atau kegiatan kelompok untuk diselesaikan dalam waktu yang ditentukan. Fasilitator mengajak kelompok untuk mencapai suatu tujuan bersama dan membantu membawa wawasan dan pembelajaran dengan merefleksikan pengalaman.

Apa pentingnya outbond training?

High Impact Outbound Training memungkinkan peserta untuk belajar dan mengalami tantangan dalam skenario yang tidak diketahui. Outbound training membantu peserta mendapatkan wawasan yang kuat dan langsung ke dalam situasi kerja mereka. Ini juga membantu para peserta terikat lebih baik dengan rekan kerja mereka dan meningkatkan semangat Tim.

Apa manfaat dan keuntungan dari outbound training?

Program outbound – High Impact Outbound Training terbukti efektif untuk meningkatkan pengembangan diri, perkembangan sosial dan emosional, kerja sama tim, dan kepemimpinan. Area lain termasuk perubahan perilaku dan efisiensi pribadi. Pelatihan outbound memberikan banyak manfaat, termasuk peningkatan kepercayaan diri, peningkatan kerja sama tim dan keterampilan komunikasi, peningkatan kemampuan pemecahan masalah, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang kekuatan dan kelemahan pribadi.

Siapa yang bisa mendapatkan keuntungan dari pelatihan outbound?

Pelatihan outbound – High Impact Outbound Training dapat bermanfaat bagi individu di semua tingkatan, termasuk tim perusahaan, kelompok sekolah, olahraga tim, karyawan perusahaan, manajer, pemimpin tim, siswa, mahasiswa, dan individu yang mencari pertumbuhan dan perkembangan pribadi.Semua orang yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam bekerja dalam tim, memimpin, berkomunikasi, dan memecahkan masalah dapat mendapatkan manfaat dari pelatihan outbound.

Apa itu pelatihan outbound perusahaan?

Corporate Outbound Training – High Impact Outbound Training adalah metode pelatihan efektif berbasis bukti untuk meningkatkan perilaku karyawan dan tim serta kinerja organisasi melalui partisipasi dalam kegiatan di luar ruangan berdasarkan metodologi pembelajaran pengalaman. Ini adalah proses yang kuat untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi karyawan dan tim serta untuk menyelesaikan ketegangan dan konflik.

Apa efektivitas pelatihan Outbound?

Efektivitas pelatihan outbound dapat bervariasi tergantung pada program spesifik dan individu atau tim yang berpartisipasi. Namun, studi penelitian menunjukkan bahwa pelatihan outbound dapat secara efektif meningkatkan komunikasi, membangun kepercayaan dan kerja tim, meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, serta meningkatkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi.

Apa saja kegiatan pelatihan – High Impact Outbound Training?

Kegiatan pelatihan Outbound – High Impact Outbound Training dapat mencakup berbagai kegiatan outdoor dan indoor yang menantang fisik, mental, dan emosional individu atau tim. Beberapa contoh kegiatan outbound training antara lain:

Permainan tali :permainan tali tinggi dan tali rendah melibatkan peserta menavigasi serangkaian rintangan dan tantangan, seperti garis zip, ayunan, dan jembatan tali.

Kelangsungan hidup alam liar: Peserta mempelajari keterampilan bertahan hidup alam liar yang penting, seperti membangun tempat berlindung, menyalakan api, dan menemukan makanan dan air.

Membangun tim: Kegiatan seperti orienteering, perburuan pemulung, dan geocaching dapat membantu peserta mengembangkan kerja sama tim, komunikasi, dan keterampilan memecahkan masalah.

Pengembangan kepemimpinan atau Leadership Outbound Training : Kegiatan yang menantang individu untuk mengambil peran kepemimpinan, seperti memimpin tim melalui rintangan, dapat membantu mengembangkan keterampilan kepemimpinan.

Apa tujuan pelatihan outbond?

Tujuan pelatihan outbound – High Impact Outbound Training dapat bervariasi tergantung pada program spesifik dan kebutuhan individu atau tim yang berpartisipasi. Namun, beberapa tujuan umum dari pelatihan outbound adalah sebagai berikut:

Mengembangkan kerja tim dan keterampilan kolaborasi.

Membangun kepercayaan dan komunikasi antar anggota tim.

Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Mengembangkan keterampilan kepemimpinan.

Membangun ketahanan dan kemampuan beradaptasi dalam individu dan tim.

Mempromosikan pertumbuhan pribadi dan kesadaran diri.

Bagaimana cara mengatur acara pelatihan untuk tim saya?

Mulailah dengan mengidentifikasi tujuan dan sasaran pembelajaran dari acara pelatihan outbound, memilih kegiatan pelatihan outbound yang sesuai, lalu merencanakan dan melaksanakan acara tersebut dengan bantuan pelatih outbound.

Apa saja tips untuk menyukseskan acara outbound training?

Acara Outbound Training yang sukses antara lain:

  • Menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas.
  • Memilih kegiatan pelatihan outbound yang cocok dan tempat outdoor.
  • Partisipasi aktif.
  • Lingkungan yang positif dan mendukung.
  • Merefleksikan pengalaman untuk membuatnya bermakna.
  • Membantu mentransfer pembelajaran ke dunia nyata melalui perencanaan tindakan.

Sertifikasi Pelatihan Outbound

Program Train the Trainer – Outbound Trainer Certification dari kaliwatu group Indonesia  berfokus pada pengembangan keterampilan yang membangun kepercayaan diri dan kompetensi pelatih dan fasilitator yang melakukan program outdoor, outbound, team building, dan experiential learning.

Program Sertifikasi Pelatih Outbound Bersertifikat ini adalah proses intensif untuk melatih pelatih dan fasilitator yang bercita-cita tinggi dan yang sudah ada untuk menjadi Pelatih Outbound yang luar biasa di Indonesia



Facebook


Whatsapp


Instagram


Youtube